Bahaya Dan Komplikasi Diabetes Yang Harus Diwaspadai

bahaya dan komplikasi diabetes

Halo Sobat Sehat! Selamat berkunjung kembali di obatlukadiabetesqnc.web.id. Dalam indahnya kesempatan ini kami akan menjelaskan Bahaya Dan Komplikasi Diabetes yang harus kita waspadai. Semoga dengan tersampaikannya informasi yang sederhana ini bisa menjadi wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat bagi Anda sehingga dapat Anda bagikan kepada orang lain. Selamat membaca ^_^


Diabetes, Penyakit Yang Dijuluki Ibunya Para Penyakit

Ketika seseorang divonis menderita kanker, kemungkinan pertama yang dapat terjadi adalah ia akan mengalami stress, tertekan dan depresi. Itu memang karena kanker dianggap sebagai penyakit yang menakutkan dan dapat membunuh seseorang. Tapi beda hal nya dengan seseorang ketika divonis diabetes. – Bahaya Dan Komplikasi Diabetes

Menurut Wismandari Wisnu, dokter spesialis penyakit dalam, konsultan endokrin, metabolik dan diabetes Rumah Sakit Pondok Indah, Jakarta, ia menyebutkan bahwa “Vonis diabetes rata rata tidak membuat pasien menjadi drop mentalnya. Ini mungkin karena diabetes terdengar biasa saja dan tidak menakutkan bagi sebagian orang, sehingga para penderita diabetes sering kehilangan kontrol”.

[Baca Juga : Manfaat Beras Hitam Untuk Diabetes]

Padahal, seperti kebanyakan penyakit lainnya, selain dapat menyebabkan kematian pada tingkat terparahnya, diabetes juga dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit yang sangat mengerikan. Bahkan oleh Menteri Kesehatan Nila F Moeloek dalam Puncak Hari Kesehatan Dunia pada 7 April 2016, ditegaskan bahwa diabetes dijuluki sebagai “ibunya para penyakit”.

Meskipun ada yang tergolong komplikasi biasa, namun rata rata dari penyakit lanjutan diabetes itu sangat penting untuk ditindak lanjuti karena bersifat kronis.

Oleh karena itu, diharapkan agar para penderita diabetes lebih memahami diabetes, memperhatikan apa makanan yang baik untuk kesehatannya, menjaga pantangan makanannya, serta segala sesuatu tentang diabetes secara keseluruhan.

Agar lebih menjadi waspada, mari kita pelajari berbagai bahaya dan komplikasi penyakit diabetes yang perlu diperhatikan.

Bahaya Dan Komplikasi Diabetes

  • Penyakit Mata (Retinopati Diabetik)

Retinopati diabetik merupakan salah satu penyebab utama kebutaan dan disabilitas penglihatan. Diabetes dikaitkan dengan penyakit mata karena diabetes menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah kecil di retina yang dapat mengakibatkan gangguan penglihatan.

retinopati diabetik

Menurut data WHO, setelah pasien menderita diabetes selama 15 tahun, sekitar 2% penderita akan mengalami kebutaan, sementara sekitar 10% nya mengembangkan cacat visual yang tergolong parah. Diantaranya adalah glaukoma dan katarak. Penderita diabetes 2x lebih berisiko menderita glaukoma atau katarak dibandingkan dengan yang tidak menderita diabetes

  • Penyakit Ginjal (Nefropati Diabetik)

Diabetes akan menyebabkan pembuluh darah kecil di dalam tubuh akan terluka. Salah satunya akan mempengaruhi pembuluh darah di ginjal. Ketika pembuluh darah tersebut terluka, maka kinerja ginjal untuk membersihkan darah tidak akan dilakukan dengan baik. Hal tersebut dapat menyebabkan tubuh akan mempertahankan kandungan air dan garam melebihi batas wajar.

Selain itu, diabetes juga menyebabkan tubuh mengalami kesulitan mengosongkan kandung kemih yang pada akhirnya akan melukai ginjal. Jika urine tetap ada dalam kandung kemih dalam waktu yang cukup lama, maka infeksi ginjal akan terjadi. Dan yang lebih parahnya adalah bakteri tersebut akan semakin cepat berkembang biak karena kadar gula darah yang tinggi.

[Baca Juga : Cara Menyembuhkan Gagal Ginjal Secara Alami, Ampuh dan Aman]

  • Penyakit Saraf (Neuropati Diabetik)

Selain penyakit jantung, neuropati diabetik termasuk salah satu komplikasi diabetes yang paling umum. Saat tekanan darah dan gula darah tergolong tinggi, kerusakan saraf pada seluruh tubuh akan terjadi. Penyakit ini dapat menyebabkan indra manusia kehilangan kemampuan dan fungsinya. Kerusakan saraf ini dapat menyebabkan rasa sakit, kesemutan, keringat berlebih, disfungsi seksual dan mati rasa.

Salah satu kerusakan saraf yang umumnya terjadi adalah kerusakan saraf kaki dan otak. Berikut penjelasannya:

• Kerusakan Saraf Kaki (Neuropati Perifer) Penyebab Kaki Diabetik

Salah satu bahaya dan komplikasi diabetes ini menyebabkan perubahan pembuluh darah dan saraf yang menjadi abnormal serta menimbulkan efek mati rasa. Jika penderita diabetes mengalami luka, ia tidak akan mengetahui dan merasakannya. Ia akan mengetahui jika luka menjadi lebih parah.

Luka diabetes akan sulit disembuhkan. Dan jika hal tersebut tidak mendapat penanganan yang tepat maka dapat menyebabkan infeksi yang bisa menyebar kebagian tubuh lainnya. Jika sudah infeksi, salah satu langkah pencegahan agar infeksi tidak terus menular adalah dengan melakukan proses amputasi.

[Baca Juga : Cara Menyembuhkan Luka Diabetes Dengan Kunyit]

• Kerusakan Saraf Otak

Diabetes berpengaruh terhadap seluruh bagian tubuh, termasuk otak. Berbagai riset yang dilakukan talah menyebutkan bahwa diabetes dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer. Kadar glukosa dalam darah yang tergolong tinggi dapat berdampak langsung pada sel saraf di otak.

Alzheimer

Selain itu, dengan penyempitan pembuluh darah karena diabetes, pasokan oksigen kedalam otak pun akan semakin terganggu. Akibatnya berbagai gangguan otak seperti menurunnya kemampuan berfikir, degenerasi otak, dll pun bisa mungkin terjadi.

  • Penyakit Kardiovaskular

Sang penyumbang kematian didunia sebesar 50% ini rata rata didalangi oleh diabetes. Kadar gula darah yang tinggi secara perlahan dapat menyebabkan peningkatan lemak dalam tubuh. Salah satunya dalam dinding pembuluh darah. – Bahaya Dan Komplikasi Diabetes

Lemak tersebut dapat mempengaruhi aliran darah yang tadinya lancar menjadi tersumbat. Hal tersebut dapat menyebabkan pengerasan pembuluh darah (aterosklerosis) yang merupakan salah satu penyebab penyakit kardiovaskular.

Beberapa penyakit kardiovaskular terebut diantaranya adalah : arteri koroner / jantung koroner, gagal jantung, serangan jantung dan stroke. Karena komplikasi ini termasuk kedalam komplikasi yang sangat berbahaya, tidak heran jika kardiovaskular tergolong penyebab kematian yang utama pada penderita diabetes.

[Baca Juga : Cara Menyembuhkan Jantung Koroner Secara Alami dan Aman]

  • Penyakit Hati

Berdasarkan studi hasil penelitian yang dilakukan oleh Gillian Booth, MD, MSc, dari Rumah Sakit Saint Michael di Toronto, penderita diabetes 2x lebih berisiko menderita sirosis hati dan penyakit hati lainnya dibandingkan non penderita diabetes.

Para peneliti tersebut merekomendasikan para penderita diabetes untuk rutin melakukan tes darah dan USG paling sedikit satu tahun 2x untuk memperhatikan kesehatan hatinya. Tes darah akan memeriksa kadar gula darah dan enzim dalam hati. Sedangkan USG akan memeriksa keberadaan lemak dalah hati yang dapat membahayakan kesehatannya.

  • Kanker

Hormon insulin yang tidak seimbang dan tingginya kadar glukosa dalam darah dapat menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh. Akibatnya, penderita diabetes cenderung terserang berbagai penyakit yang diakibatkan oleh bakteri, virus, dan sel kanker.

kanker

Beberapa jenis kanker yang dapat diderita oleh penderita diabetes adalah kanker payudara, pankreas, endometrium, usus dan rektum, liver, dan kanker kandung kemih. – Bahaya Dan Komplikasi Diabetes

  • Masalah Gigi Dan Gusi

Diabetes juga ternyata dapat menyebabkan masalah pada gigi dan gusi, diantaranya gingivitis dan periodontitis. Gejala dari penyakit tersebut diantaranya Gusi yang memerah, bengkak dan mudah berdarah. Oleh karena itu, penderita diabetes disarankan untuk menggosok giginya secara perlahan dan selalu memperhatikan kebersihan mulutnya.

Walaupun masalah gusi dan gigi ini terlihat seperti hal kecil, namun tetap jangan disepelekan. Konsisi tersebut justru secara tidak sadar dapat menjadi besar dan memperparah penyakit diabetes yang diderita.

  • Depresi

Perjuangan dalam mengatasi diabetes dengan menstabilkan kadar glukosa dalam darah yang tak kunjung membaik seringkali membuat penderita diabetes menjadi tertekan. Selain itu ketakutan terhadap berbagai komplikasi yang diakibatkan oleh diabetes menjadikan mereka merasa cemas dan depresi.

Jika dibiarkan, hal tersebut dapat menyebabkan depresi akut yang sangat berbahaya. Oleh karena itu, bantulah para penderita diabetes untuk senantiasa berfikir positif.

Baca Juga :

Konsultasi Kesehatan Gratis !!!

< healthcare >

Penelusuran Terkait :

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan. Apabila informasi tersebut dirasa kurang jelas, Anda bisa meninggalkan pertanyaan dalam kolom komentar dibawah ini.

TERIMAKASIH, SEMOGA BERMANFAAT dan SALAM SEHAT!

Bahaya Dan Komplikasi Diabetes

posted by : obatlukadiabetesqnc.web.id

Share is Care :

Bagikan lewat Bagikan lewat Bagikan lewat Bagikan lewat

Sumber :

  • World Health Organization, Diabetes Mellitus
  • Kompas (2017), Lili Turangan, Waspadai 3 Komplikasi Diabetes Yang Mematikan
  • Viva (2017), Waspada Bahaya Komplikasi Diabetes
  • Hello Sehat, Mengapa Diabetes Disebut “Ibu Dari Berbagai Penyakit”?
  • Harvest, Berbagai Komplikasi Penyakit Diabetes yang Wajib Diwaspadai
About sanjiani 36 Articles
Penyedia layanan informasi seputar kesehatan sekaligus agen resmi yang menjual Qnc Jelly Gamat dan Produk Herbal lainnya secara Online yang melayani pemesanan dari seluruh wilayah tanah air.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*