Faktor Penyebab Diabetes Yang Sering Disepelekan Masyarakat

faktor penyebab diabetes

Halo Sobat Sehat! Selamat berkunjung kembali di obatlukadiabetesqnc.web.id. Kali ini kami akan menjelaskan tentang Faktor Penyebab Diabetes. Semoga dengan tersampaikannya informasi yang sederhana ini bisa menjadi wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat sehingga dapat Anda bagikan kepada orang lain. Selamat membaca ^_^


Diabetes merupakan penyakit yang dikategorikan sebagai penyakit berbahaya karena berbagai komplikasinya bisa memperburuk kondisi kesehatan penderitanya. Penyakit ini setiap tahunnya mengalami peningkatan yang signifikan sehingga perlu ditanggapi dengan serius.

Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui faktor penyebab diabetes agar kita bisa terhindar dari penyakit yang mengerikan tersebut. Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab diabetes yang sebetulnya telah dianggap biasa oleh sebagain orang dan mulai sekarang harus dihindari sebisa mungkin.

Faktor Penyebab Diabetes

  • Gemar Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Minuman bersoda memang memiliki manfaat untuk tubuh. Meskipun demikian, jika meminum minuman bersoda sudah menjadi sebuah kebiasaan bahkan terhitung setiap hari dikonsumsi, minuman bersoda justru dapat meningkatkan risiko tubuh terkena diabetes. Ini bukan tanpa alasan.

Dalam jurnal yang berjudul The Nurses’ Health Study II hasil penelitian yang melibatkan ± 50.000 jiwa dengan rentan usia antara 22-44 tahun, disebutkan bahwa peningkatan konsumsi minuman bersoda dapat menimbulkan risiko peningkatan berat badan dan risiko diabetes semakin melambung tinggi.

Hal tersebut diakibatkan oleh kandungan pemanis yang terdapat dalam soda. Selain itu, asupan kalori cair tidak akan membuat tubuh menjadi kenyang begitu saja, sehingga tubuh akan semakin terdorong untuk minum lebih banyak lagi.

Jika sudah demikian, maka lonjakan gula darah pastinya tidak akan tertahankan. Untuk mengatasinya, kami sarankan untuk mengganti mengkonsumsi soda dengan jus buah kaya serat dan mengandung antioksidan yang cukup tinggi. – Faktor Penyebab Diabetes

  • Tubuh Kurang Menerima Asupan Vitamin D Dari Sinar Matahari Pagi

Menurut sebuah jurnal diabetes bernama Diabetes Care, seseorang yang asupan vitamin D dan kalsiumnya selalu tercukupi memiliki risiko yang sangat rendah terkena diabetes tipe2.

vitamin d matahari

Untuk mencukupi asupan vitamin D, makanan bukan satu satunya sumber vitamin tersebut. Sumber vitamin D terbaik terdapat dalam hangatnya sinar matahari pagi. 20 menit berjemur saat pagi hari dapat mencukupi kebutuhan vitamin D selama 3 hari.

Dalam sebuah penelitian yang terdapat pada American Journal of Epidemiology, disebutkan bahwa vitamin D mampu membantu melancarkan metabolisme tubuh termasuk gula darah.

Namun perlu digaris bawahi juga bahwa kelebihan vitamin D dapat menimbulkan risiko yang sama. Jadi intinya cukupi kebutuhan nutrisi tubuh setiap harinya. Kami menyarankan Anda agar mengkonsumsi suplemen kesehatan herbal yang multikhasiat.

  • Mengkonsumsi Pil Kontrasepsi Atau Biasa Disebut Pil KB (Bagi Wanita)

Pil KB adalah pil yang rata rata terbuat dari kombinasi hormon estrogen dan progestin atau hanya progestin saja. Pil ini umumnya digunakan sebagai metode kontrasepsi. Meskipun belum adanya penelitian pasti mengenai efek samping dari pil tersebut, namun Menurut dr Dyah Purnamasari S, Sp PD, dari Divisi Metabolik Endokrinologi RSCM, kerja hormon dalam pil KB berlawanan dengan kerja insulin.

Karena kerja insulin dilawan, pankreas akan dituntut untuk menghasilkan insulin lebih banyak lagi. Jika hal tersebut dibiarkan, maka pankreas akan menjadi letih dan tidak berfungsi secara maksimal sehingga kadar gula darah akan mengalami peningkatan.

Kami menyarankan agar waktu penggunaan pil tersebut dibatasi, jangan lebih dari 5 tahun. Selain itu, pilihlah pil yang paling sesuai dengan kondisi kesehatan. Jika perlu, konsultasikan mengenai metode kontrasepsi yang lainnya.

  • Merokok

Penelitian yang dilakukan di Amerika dengan melibatkan ± 4.500 relawan pria dan wanita menghasilkan penemuan bahwa risiko diabetes naik sebesar 22% terhadap perokok aktif. Meskipun gaya hidup yang tidak sehat, pola makan tidak teratur dan kurangnya berolah raga masih menjadi salah satu pemicu utama dari diabetes, peningkatan sebesar 22% merupakan peningkatan yang perlu diperhatikan.

  • Sering Stress

Jika seseorang sedang stress, maka produksi hormon epinephrine dan kortisol akan meningkat dalam tubuh. Hal ini bermaksud agar gula darah naik dan cadangan energi untuk beraktivitas kembali tersedia. Tujuan secara keseluruhannya memang sangat baik. Namun jika gula darah terus dipicu untuk meningkat karena sebuah stress, hal tersebut sama saja dengan buhuh diri secara perlahan.

  • Tubuh Kurang Bergerak Aktif

WHO atau Badan Kesehatan Dunia mengatakan bahwa kasus diabetes dinegara Asia akan mengalami perkembangan yaitu mencapat 90% dalam 20 tahun ke depan. Tubuh yang kurang bergerak akan menyebabkan risiko untuk terkena diabetes akan meningkat. Ini karena gula yang seharusnya dikonversikan menjadi energi untuk beraktivitas tidak akan seimbang dengan asupannya sehingga lebih banyak yang berakumulasi dalam tubuh.

  • Kurang Tidur

Seseorang yang kualitas tidurnya tidak baik maka metabolisme tubuhnya akan terganggu. Riset para ahli dari University of Chicago menyebutkan bahwa kurang tidur selama 3 hari berturut turut dapat menurunkan kemampuan tubuh dalam memproses glukosa menjadi energi. Akbibat hal tersebut, glukosa akan berakumulasi dalam darah sehingga menyebabkan gula darah naik.

kurang tidur

Selain itu, kurang tidur juga dapat merangsang hormon yang memicu nafsu makan meningkat sehingga orang yang kurang tidur akan terpacu untuk makan makanan yang berkalori tinggi sehingga gula darah menjadi meningkat.

  • Hobby Ngemil

Jika seseorang menyiasati untuk menghindari makan siang atau makan malam dengan ngemil seperti ngemil biskuit, kripik kentang, atau kue manis lainnya, maka ia akan berisiko terkena diabetes. Mengapa demikian? Karena kandungan gula dan tepung dalam suatu camilan memiliki peranan dalam menaikan kadar gula dalam darah, yang pada akhirnya akan berujung pada terserangnya diabetes.

  • Pecinta Teh Manis

Gula dan kalori yang terkandung didalam teh manis ternyata cukup tinggi. Kandungan kalori dari segelas saja rata rata sebesar 250-300 kalori. Sedangkan kebutuhan kalori manusia perharinya rata rata sebesar 1.900 kalori.

Jika minum teh manis 2-3 kali sehari, maka akan memberikan 600-900 kalori. Belum ditambah 2 atau 3x makan nasi yang sepiring atau 100 gram nya setara dengan 400 kalori.

Jika dijumlahkan, dalam sehari dari 2 atau 3x makan nasi tanpa lauknya ditambah 2 atau 3 kali meminum teh manis, maka kalori yang masuk adalah sekitar 600-900 kalori + 800-1.200 kalori, totalnya = 1.400-2.100 kalori.

Perlu diperhatikan bahwa itu belum termasuk lauk pauk dan camilan lainnya. Jika demikian sudah dapat dipastikan pada hari itu tubuh akan kelebihan kalori.

Apabila hal tersebut terulang setiap hari, kemungkinan untuk terserang obesitas sekaligus diabetes akan semakin membesar. Saran kami jika tetap ingin mengkonsumsi teh, minumlah teh tanpa gula atau batasi asupan gula agar tidak lebih dari 2 sendok perharinya.

  • Kehamilan (Bagi Wanita)

Calon ibu patut memperhatikan dan rutin mengontrol kondisi kesehatan mereka. Ini karena pada saat masa kehamilan, plasenta akan memproduksi suatu hormon yang dapat mengganggu keseimbangan hormon insulin. Kondisi ini dapat menyebabkan sang ibu terkena diabetes gestasional.

Diabetes ini biasanya hanya sampai pada proses kelahiran. Setelah itu, sang ibu bisa terbebas dari diabetes. Tetapi yang perlu di garis bawahi adalah bayi yang dilahirkan jadi memiliki risiko terserang diabetes di masa yang akan datang.

  • Seseorang Dengan Obesitas

Apa hubungan obesitas dan diabetes? Lemak yang berakumulasi dalam tubuh dapat menyebabkan resistensi insulin sehingga insulin kurang sensitif dan tidak dapat berfungsi dengan baik dalam mengatur kadar gula darah. Maka hal itu lah yang dapat menyebabkan seseorang dengan obesitas akan berisiko tinggi mengidap diabetes.

  • Mengkonsumsi Obat Kimia

Mengkonsumsi obat kimia telah diketahui sejak lama dapat menimbulkan efek samping jangka panjang yang berbahaya. Obat kimia adalah obat dengan 2 sisi layakna pisau bermata 2. Disatu sisi ia mengobati penyakit, namun sisi yang lainnya mengganggu kesehatan secara perlahan. Anehnya meskipun demikian diketahui, kebanyakan masyarakat masih menomor 1 kan pengobatan dengan obat kimia.

obat kimia

Beberapa obat kimia dapat mengganggu bahkan dapat merusak pankreas. Hal tersebut tentunya dapat menyebabkan seseorang dapat terjangkit diabetes.

Oleh karena itu, kami sarankan agar sebisa mungkin untuk menghindari obat obat kimia. Jadikan pengobatan herbal yang utama, sedangkan obat kimia adalah pilihan kesekiannya yang bersifat darurat. Konsumsilah obat herbal multikhasiat yang sudah pasti tidak menimbulkan efek samping sedikitpun.

  • Faktor Ras

Ras Asia diketahui memiliki risiko lebih besar terserang diabetes dibandingkan dengan ras yang lainnya. Ini karena mayoritas ras Asia menjadikan beras putih sebagai makanan pokoknya. Padahal beras putih bisa dibilang beras yang nutrisinya sedikit dibandingkan dengan beras merah dan beras hitam yang diketahui baik untuk penderita diabetes.

  • Faktor Genetik

Biasanya yang lebih sering diabetes berdasarkan faktor genetik ini adalah jenis diabetes tipe 1. Jika dalam suatu keluarga memiliki salah satu yang mengidap diabetes tipe 1, maka kemungkinan keturunannya mengidap diabetes tipe 1 akan semakin tinggi.

  • Faktor Lingkungan

Diabetes tipe 1 bisa menyerang melalui faktor lingkungan. Infeksi virus dan bakteri karena lingkungan yang tidak terjaga kebersihannya dapat menyebabkan diabetes tipe 1, karena infeksi virus dan bakteri dapat memicu gangguan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat berakibat pada terganggunya fungsi pankreas.

  • Faktor Usia

Percayakah Anda jika risiko diabetes tipe 2 akan meningkat seiring berjalannya usia. Ini karena ketika seseorang telah menginjak usia tua, ia cenderung bertubuh besar dan semakin jarang berolahraga. Umumnya penyakit ini menyerang seseorang diatas 40 tahun.

Tanpa menjaga kesehatan tubuh secara maksimal di usia tersebut, sistem kekebalan tubuh akan semakin melemah. Disinilah beberapa penyakit mulai berkunjungan. Maka oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh sedini mungkin.

  • Dll

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Faktor Penyebab Diabetes. Apabila informasi tersebut dirasa kurang jelas, Anda bisa meninggalkan pertanyaan dalam kolom komentar di paling bawah.

Kesimpulan :

  • Diabetes adalah penyakit berat yang memiliki banyak faktor penyebabnya
  • Penting untuk menjaga kesehatan agar tubuh tidak terkena diabetes
  • Mengetahui apa saja faktor penyebab diabetes akan meminimalisir tubuh dari terkena diabetes
  • Jika Anda sudah terkena diabetes, jangan sampai stress ataupun berkecil hati, tetapi hadapilah semua dengan lapang dada
  • Tips dari kami adalah selain menjaga pola makan dengan memperhatikan makanan yang baik untuk diabetes dan memperhatikan pantangan makanannya, Anda harus menyertai pengobatan yang sedang Anda lakukan dengan mengkonsumsi obat herbal multikhasiat yang dapat mengontrol diabetes dengan baik yaitu Qnc Jelly Gamat yang sudah memiliki Legalitas Resmi dari BPOM RI dan Legalitas HALAL MUI.

Baca juga :

Konsultasi Kesehatan Gratis !!!

< healthcare >

Penelusuran Terkait :

TERIMAKASIH, SEMOGA BERMANFAAT dan SALAM SEHAT!

Faktor Penyebab Diabetes

posted by : obatlukadiabetesqnc.web.id

Share is Care :

Bagikan lewat Bagikan lewat Bagikan lewat Bagikan lewat
About sanjiani 36 Articles
Penyedia layanan informasi seputar kesehatan sekaligus agen resmi yang menjual Qnc Jelly Gamat dan Produk Herbal lainnya secara Online yang melayani pemesanan dari seluruh wilayah tanah air.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*