Tips Mengenai Waktu dan Cara Berhenti Menyusui Yang Tepat

Waktu dan Cara Berhenti Menyusui

Halo Sobat Sehat! Selamat berkunjung ke obatlukadiabetesqnc.web.id yang pada indahnya kesempatan ini akan berbagi ilmu mengenai Waktu dan Cara Berhenti Menyusui yang Tepat. Besar harapan kami bahwa dengan informasi sederhana ini dapat menjadi wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat bagi Anda yang tujuan akhirnya diharapkan berguna bagi orang lain. Selamat membaca.


Waktu dan Cara berhenti Menyusui – ASI adalah sumber makanan terbaik untuk bayi sejak hari pertama. Ini akan menjadi sumber nutrisi utama selama hampir dua tahun. Ketika bayi bisa memakan makanan padat, para ibu mungkin merasa perlu untuk berhenti menyusui.

Tetapi, bagaimana cara berhenti menyusui dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya? Disini kami akan memberikan informasi yang dapat membantu transisi bayi untuk lepas dari ASI.

Waktu Yang Direkomendasikan Untuk Berhenti Menyusui

Waktu dan Cara berhenti Menyusui – Tidak ada yang namanya waktu tepat untuk berhenti menyusui. Dalam firman Allah SWT,. yang terdapat pada Al-Qur’an Surat Al-Baqarah Ayat 233 dan Surat Luqman Ayat 14, para Ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh sebelum berhenti menyusui dan tidak lebih dari itu.

Meskipun begitu, para ibu diperbolehkan untuk berhenti menyusui kurang dari masa itu jika kedua orang tua memandang adanya kemaslahatan. Dan dalam hal ini, persoalannya diserahkan kepada kebijaksanaan orang tua serta kesiapan sang  bayi untuk lepas dari ASI.

[Baca juga : Manfaat Air Kelapa Untuk Rambut Disertai 5 Cara Penggunaanya]

Alasan Seorang Ibu Berhenti Menyusui

Waktu dan Cara berhenti Menyusui – Berikut ini adalah beberapa hal paling umum yang bisa dijadikan alasan ibu untuk berhenti menyusui, diantaranya adalah sang ibu yang tidak dapat memberikan kualitas ASI yang berkualitas untuk bayinya, sehingga bayi tidak puas akan ASI yang diminumnya.

Respon yang dilakukan bayi biasanya menggigit puting dan sering sakit sakitan. Jika bayi sudah bertingkah demikian, segera periksakan kesehatan sang ibu karena bisa saja keluhan kesehatan bayi disebabkan karena kualitas ASI yang kurang baik.

Alasan untuk berhenti menyusui yang lainnya adalah bayi lebih menyukai makanan padat dan menolak untuk disusui, para ibu yang ingin kembali bekerja atau membutuhkan lebih banyak waktu untuk diri mereka sendiri, ibu yang sedang sakit (misalnya infeksi saluran susu) dan sedang minum obat yang berbahaya untuk kesehatan bayi, dll.

Tetapi dari berbagai alasan tersebut disarankan agar bayi mendapat ASI dari sang ibu sedikitnya 6-12 bulan. Jika bayi menunjukkan gejala tidak ingin menerima ASI dari ibunya, segera konsultasikan dengan dokter agar bayi tetap bisa mendapatkan asupan nutrisi yang dibutuhkan.

Namun jika usia bayi sudah lebih dari 2 tahun namun tidak menunjukkan tanda tanda ingin melepaskan ASI ibunya, maka dianjurkan untuk segera “dipaksakan” agar ibu segera berhenti menyusui. Bukan tanpa alasan, ASI yang lebih dari usia 2 tahun sejak kelahiran bayi bisa saja menyalurkan patogen berbahaya untuk bayi.

Lantas, bagaimanakan cara yang tepat agar sang bayi bersedia untuk lepas dari ASI? Ini dia!

[Baca juga : Mengobati Jerawat Dengan Minyak Wijen Yang Paling Mudah]

Cara Berhenti Menyusui Yang Tepat dan Sehat

1. Ganti ASI Dengan Susu Formula

< Waktu dan Cara Berhenti Menyusui >
Waktu dan Cara berhenti Menyusui – Sebelum ke makanan padat langsung, umumnya bayi lebih cenderung menerima susu formula terlebih dahulu. Susu formula rasanya paling mirip dengan ASI, sehingga bayi tidak akan keheranan saat merasakan susu formula.

2. Kurangi Intensitas Waktu Menyusui
Setelah diganti susu formula, kurangi waktu bayi untuk menyusu. Misalnya jika yang awalnya 6x sehari, usahakan sampai menjadi 4x sehari. Teruslah lakukan pengurangan waktu menyusui dengan susu formula sampai akhirnya menjadi 2x sehari. Berikan juga biskuit untuk bayi agar kebutuhan karbohidratnya tetap tercukupi.

3. Manfaatkan Minat Bayi Pada Makanan Padat
Bayi mengembangkan minat pada makanan padat biasanya setelah 9 bulan lebih dan mencapai puncaknya pada 12 bulan. Ketika bayi dipastikan boleh mendapat makanan padat yang dimulai dengan biskuit encer, sereal dan termasuk bubur, gunakan kesempatan ini untuk melakukan penyapihan secara perlahan agar pada usia 2 tahun tepat, bayi mudah untuk lepas dari ASI.

4. Alihkan Perhatian Ketergantungan Bayi Terhadap ASI Dengan Aktivitas Menyenangkan
Waktu dan Cara berhenti Menyusui – Bagi bayi, ASI adalah solusi untuk rasa lapar. Selain meredakan lapar, disusui sang ibu akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi bayi sehingga terkadang bayi menjadi rewel jika tidak mendapat ASI.

Jika hal itu terjadi setelah 12 bulan lebih, coba biasakan untuk mengurangi waktu menyusui dan lihat apakah bayi tidak terganggu dengan waktu menyusui yang lebih jarang? JIka demikian, lanjutkan pembiasaan tersebut.

Namun jika bayi cenderung rewel dan menuntut untuk disusui bahkan setelah makanan padat, solusi yang bisa para ibu lakukan adalah dengan mengalihkan perhatian mereka dengan bermain atau melibatkan bayi dalam kegiatan lainnya agar bisa membantu mengurangi ketergantungan bayi pada ASI.

5. Berikan Dot di Malam Hari
Apakah bayi bertingkah seperti sedang menyusu saat tertidur? Jika ya, itu adalah hal wajar karena refleks kebiasaan bayi saat menyusu. Sebelum bayi terbangun dan merengek untuk disusui, para ibu bisa memberikan dot untuk menghibur dan membuat mereka nyaman sehingga bayi bisa kurang bergantung pada keinginan disusui dimalam hari.

6. Jadikan Susu Formula atau Makanan Padat Sebagai Pilihan Pertama
Jika bayi lapar, sekali dua kali cobalah untuk memberikan susu formula atau makanan padat kepadanya. Gunakan cara tersebut ketika para ibu merasa lelah atau tidak memungkinkan untuk menyusui. Dengan begitu, bayi akan segera terlatih untuk kurang bergantung pada ASI.

7. Dll

[Orang lain juga menelusuri : Obat Luka Diabetes Yang Ampuh dan Paling Mudah Ditemukan]

Catatan Penting !!!
Cara cara diatas bukan bermaksud untuk membatasi hak bayi terhadap ASI. Tetapi hanya dilakukan jika memang ada suatu alasan khusus untuk berhenti menyusui. Jika tidak ada alasan yang tidak terlalu mengganggu kegiatan untuk memberikan hak bayi terhadap ASI, lebih baik penuhi kebutuhan ASI bayi sampai 2 tahun.
Kunci dalam usaha penyapihan yang sehat dan tepat adalah dengan selalu menyeimbangkan diet bayi dengan makanan padat dan susu formula terhadap ASI untuk menghindari kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkan bayi dari ASI.

Waktu Yang Dibutuhkan Bayi Untuk Berhenti Menyusu

Waktu dan Cara berhenti Menyusui – Untuk dapat berhenti menyusu, biasanya bayi memerlukan waktu untuk lepas total dari ASI selama kurang lebih 6 bulan. Tergantung kenyamanan bayi dan pendekatan yang dilakukan orang tua agar bayi tidak terlalu bergantung terhadap ASI.

Waktu dan Cara Berhenti Menyusui

Dalam upaya pembiasaan untuk melepaskan ASI dari sang bayi, lakukan pengamatan reaksi bayi terhadap perubahan kebiasaan tersebut. Jika dirasa usaha penyapihan kurang baik untuk sang bayi, lebih baik hentikan. Namun jika usaha penyapihan dirasa akan berdampak baik untuk bayi dan ibunda, maka lanjutkan saja.

» Kesimpulan :

√ ASI sangat penting untuk menjaga tubuh bayi tetap sehat dan tercukupi gizinya.
√ Tetapi ketika si kecil tumbuh dewasa, ia harus beralih ke makanan padat.
√ Gunakan minat anak pada makanan padat untuk menyapih bayi.
√ Berhenti menyusui adalah hal yang alami ketika bayi tumbuh, namun tidak boleh dilakukan secara paksa.
√ Selalu sertakan dan ikuti naluri keibuan agar bayi dan sang ibu sama sama mendapatkan kenyamanan.

Penelusuran Terkait :

Konsultasi Kesehatan Gratis!

Waktu dan Cara Berhenti Menyusui

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan mengenai Waktu dan Cara Berhenti Menyusui Yang Tepat. Semoga dapat dipahami dan mudah diamalkan. Apakah Anda atau orang yang Anda kenal pernah mengalami kesulitan berhenti menyusui? Beri tahu kami dalam kolom komentar dibawah ini tentang pengalaman tersebut dan kiat kiat apa yang dilakukan untuk mempermudah proses berhenti menyusui agar nantinya bisa bermanfaat bagi ibu lain.

TERIMAKASIH, SEMOGA BERMANFAAT dan SALAM SEHAT!

Waktu dan Cara berhenti Menyusui Yang Tepat

posted by : obatlukadiabetesqnc.web.id

About sanjiani 36 Articles
Penyedia layanan informasi seputar kesehatan sekaligus agen resmi yang menjual Qnc Jelly Gamat dan Produk Herbal lainnya secara Online yang melayani pemesanan dari seluruh wilayah tanah air.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*